Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

News Flash

FORMULARIUM NASIONAL

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 328/MENKES/SK/VIII/2013 TENTANG FORMULARIUM NASIONAL

Link Download FORMULARIUM NASIONAL




Dalam rangka pendataan data dasar RS yang telah teregistrasi atau memiliki kode RS diharapkan untuk melakukan Updating melalui RS Online melelui www.buk.depkes.go.id

Link RS Online




SE No. HK.03.03/III/1397/2013 tentang Kewaspadaan Kasus Middle East Respiratory Coronavirus

Link Download




contoh surat-surat palsu

**Download Contoh Surat Palsu**




eMonevBUK

Bagi Satker yang belum melaporkan realisasi DAK triwulan II dimohon untuk segera mengisi melalui eMonevBUK. Pelaporan DAK Triwulan II akan ditutup bulan 1 Oktober 2013

Visitors Counter

Mulai Tanggal 11 Oktober 2010
205371
Today2307
Yesterday4025
This Week16868
This Month60375
All Days2053710
Home
Langkah Rumah Sakit Mencapai Pelayanan Standar Internasional

Dunia perumahsakitan mendapat tantangan besar meningkatkan kualitas pelayanan berstandar akreditasi Internasional. Peningkatan kualitas pelayanan sangatlah penting agar rumah sakit mampu berkompetisi baik di tingkat regional, nasional bahkan Internasional.

Upaya peningkatan kualitas pelayanan dilakukan Kementerian Kesehatan dengan menetapkan lembaga/badan yang dapat melakukan akreditasi rumah sakit bertaraf Internasional yaitu Internasional Society for Quality in Health Care (ISQua). Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menkes No. 1195/MENKES/SK/VIII/2010, tanggal 23 Agustus 2010.

Diantara lembaga yang memperoleh akreditasi ISQua adalah Joint Commission International (JCI). Demikian juga, Kementerian Kesehatan berupaya agar Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) terakreditasi oleh ISQua.

Kementerian Kesehatan melalui target rencana strategis memfokuskan rumah sakit harus terakreditasi secara Internasional minimal di 5 kota pada akhir 2014. Saat ini tujuh rumah sakit berkomitmen dan dijadikan model untuk akreditasi Internasional, yaitu

1 RSCM

2 RSUP Fatmawati

3 RSUP Adam Malik

4 RSUP dr Sardjito Yogyakarta

5 RSUP Sanglah Denpasar

6 RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

7 RSPAD Gatot Subroto

Sebagaimana kita ketahui, ada 4 rumah sakit swasta yang berhasil mendapatkan pengakuan JCI, antara lain

1 RS Siloam Karawaci

2 RS Bintaro Tangerang

3 RS Sentosa Bandung

4 RS Eka Bandung

Diharapkan komitmen pelayanan standar Internasional di beberapa rumah sakit mampu mendorong rumah sakit lain untuk mencapai mutu pelayanan kesehatan berstandar internasional, dengan berbenah diri memperbaiki manajemen yang berorientasi pada customer care dan patient safety yang menjadi salah satu indikator dari penilaian akreditasi baru Rumah Sakit yang mulai berlaku pada tahun 2012.

Rumah Sakit seyogyanya mempertimbangkan bahwa customer care dan patient safety merupakan bagian dari sistem pelayanan yang terintegrasi dengan pasien, seperti pelayanan yang cepat, tanggap, dan keramahan petugas rumah sakit, sehingga rumah sakit dianggap baik apabila dalam memberikan pelayanan lebih memperhatikan kebutuhan pasien maupun orang lain yang berkunjung di rumah sakit.

Kepuasan muncul dari kesan pertama pasien saat mendapatkan pelayanan rumah sakit dan pencapaian yang besar dapat terletak pada tindakan-tindakan kecil yang konsisten dilakukan rumah sakit.

Meraih standar Internasional perlu dilakukan perbaikan-perbaikan peningkatan mutu pelayanan, SDM, sarana prasarana, administrasi dan komunikasi yang mengarah pencapaian akreditasi international. Perbaikan-perbaikan itu dikelompokkan dalam Standar Pelayanan Berfokus Pada Pasien, Standar Manajemen Rumah Sakit, Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit dan Sasaran Milenium Development Goals. Humas