Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

News Flash

FORMULARIUM NASIONAL

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 328/MENKES/SK/VIII/2013 TENTANG FORMULARIUM NASIONAL

Link Download FORMULARIUM NASIONAL




Dalam rangka pendataan data dasar RS yang telah teregistrasi atau memiliki kode RS diharapkan untuk melakukan Updating melalui RS Online melelui www.buk.depkes.go.id

Link RS Online




SE No. HK.03.03/III/1397/2013 tentang Kewaspadaan Kasus Middle East Respiratory Coronavirus

Link Download




contoh surat-surat palsu

**Download Contoh Surat Palsu**




eMonevBUK

Bagi Satker yang belum melaporkan realisasi DAK triwulan II dimohon untuk segera mengisi melalui eMonevBUK. Pelaporan DAK Triwulan II akan ditutup bulan 1 Oktober 2013

Visitors Counter

Mulai Tanggal 11 Oktober 2010
191279
Today1407
Yesterday1752
This Week6292
This Month66068
All Days1912790
Home Keswa Menjadi Konselor Hotline Service Kesehatan Jiwa Yang Berkualitas
Menjadi Konselor Hotline Service Kesehatan Jiwa Yang Berkualitas

 

BANDUNG – Lingkup masalah kesehatan jiwa yang dihadapi bersifat sangat kompleks, antara lain meliputi masalah gangguan jiwa, masalah psikososial serta masalah perkembangan manusia yang harmonis dan peningkatan kualitas hidup. Menghadapi permasalahan tersebut perlu ditangani oleh program Kesehatan Jiwa, pada tanggal 10 Oktober 2010 Direktorat Bina Kesehatan Jiwa membuka layanan hotline service kesehatan Jiwa Nomor 500-454 yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan.

 

 

Sebagai pendukung pelaksanaan hotline service kesehatan Jiwa, maka dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu dibutuhkan pelatihan konselor layanan hotline Service dalam meningkatkan SDM yang berkualitas dalam memberikan layanan konselling terhadap berbagai masalah kejiwaan yang dialami oleh masyarakat, termasuk kasus-kasus percobaan bunuh diri.

Hal inilah yang disampaikan Direktur Bina Kesehatan Jiwa, dr. Irmansyah, Sp.KJ.(K) saat membuka Peningkatan Keterampilan Konselor Hotline Service Kesehatan Jiwa yang diikuti oleh 33 calon konselor dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh, Padang, Jambi, Bengkulu, Babel, Pontianak, Singkawang, Semarang, Klaten, Lawang dan Kendari pada tanggal 19 – 23 Oktober 2011.

Tujuan utama hotline service agar lebih mendekatkan masyarakat dengan akses kesehatan jiwa dan memudahkan untuk mendapatkan informasi dan layanan konseling dari konselor di setiap RSJ. Hal ini dapat bermanfaat sebagai sarana promosi RSJ agar dapat menjadi pendamping bagi masyarakat, keluarga, atau pasien yang membutuhkan konseling mengenai kesehatan jiwa melalui saluran telepon.

Selain itu, ketersediaan sarana dan prasarana juga sangat dibutuhkan dalam memanfaatkan dan menggunakan teknologi tersebut untuk kepentingan pelayanan kesehatan jiwa bagi individu, keluarga dan masyarakat yang membutuhkannya. Diharapkan pelatihan ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan konselor yang bertugas di layanan hotline service kesehatan jiwa yang ada di semua RSJ di Indonesia.

Pelatihan ini akan berlangsung dalam 3 (tiga) tahap dengan melatih SDM yang ada di RSJ sebagai konselor hotline service kesehatan jiwa dengan harapan dapat bermanfaat dan diaplikasikan ditempat tugas masing-masing.humas