Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

News Flash

FORMULARIUM NASIONAL

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 328/MENKES/SK/VIII/2013 TENTANG FORMULARIUM NASIONAL

Link Download FORMULARIUM NASIONAL




Dalam rangka pendataan data dasar RS yang telah teregistrasi atau memiliki kode RS diharapkan untuk melakukan Updating melalui RS Online melelui www.buk.depkes.go.id

Link RS Online




SE No. HK.03.03/III/1397/2013 tentang Kewaspadaan Kasus Middle East Respiratory Coronavirus

Link Download




contoh surat-surat palsu

**Download Contoh Surat Palsu**




eMonevBUK

Bagi Satker yang belum melaporkan realisasi DAK triwulan II dimohon untuk segera mengisi melalui eMonevBUK. Pelaporan DAK Triwulan II akan ditutup bulan 1 Oktober 2013

Visitors Counter

Mulai Tanggal 11 Oktober 2010
164089
Today328
Yesterday3400
This Week9860
This Month44895
All Days1640890
Home
SPDGT Membawa Perubahan IGD RS

MEDAN – Sebagai suatu Negara yang terletak pada pertemuan 4 lempeng tektonik dan masuk dalam zona pacific ring of fire terdiri dari 80 gunung berapi yang aktif, Indonesia harus mempersiapkan sejak dini sistem penanggulangan bencana terpadu.

Sejak tahun 2000 Kementerian Kesehatan bersama lintas sektor, lintas program terkait dan LSM serta masyarakat telah mensosialisasikan suatu konsep dalam mewujudkan Masyarakat Sehat dan Aman/Safe Community, yang diaplikasikan dalam suatu Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), yang terdiri dari SPGDT(S) sehari-hari dan SPGDT(B) Bencana.

Hal inilah yang disampaikan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS saat pembukaan Pengembangan Kapasitas Kemampuan Layanan Pelanggan IGD di RSUP H. Adam Malik Medan pada tanggal 14 Januari 2012.

 

Secara teknis pengaplikasian konsep tersebut diwujudkan dalam Pos Gawat Darurat Terpadu atau yang kita kenal dengan Public Safety Center (PSC) sebagai ujung tombak safe community terdiri dari lintas program dan lintas sektor dalam lingkup pelayanan pertama pra Rumah Sakit yang terdiri dari 3 unsur pokok yaitu keamanan/Security, Kesehatan/medical dan rescue/keselamatan.

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan mengenai Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit yang tertuang dalam KEPMENKES RI No. 856/MENKES/SK/IX/2009 untuk mengatur standarisasi pelayanan gawat darurat di rumah sakit.

Dirjen mengungkapkan bahwa IGD merupakan cerminan atau etalase dari keseluruhan rumah sakit, terdapat struktur organisasi, standar prosedur operasional, aturan-aturan dan norma-norma bahkan patient safety yang harus dilaksanakan di seluruh bagian rumah sakit.

SAM Bidang Perlindungan Faktor Resiko Kesehatan, dr. R. Triono Soendoro, Ph. D menambahkan SPDGT bertujuan untuk memulai perubahan di IGD RS dan jaringannya, “perlu dilakukan penyegaran dan inovasi SPDGT dengan mempersiapkan pendamping dan pengamat terhadap pelaksana lapangan (peneliti), sekat-sekat birokrasi harus dihilangkan, semua adalah tenaga kesehatan, memperkenalkan konsep semua adalah pemimpin, termasuk stakeholders,” ungkap Triono.

Kegiatan yang dihadiri Pemerintah Daerah ini menjadikan momen yang tepat untuk membuat komitmen bersama, untuk membantu Pemerintah Pusat dalam meningkatkan kualitas pelayanan IGD di Indonesia pada umumnya dan khususnya di RSUP H. Adam Malik Medan, selain itu betapa pentingnya memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa dalam penanganan kegawatdaruratan dan life saving tidak ditarik uang muka dan penanganan gawat darurat harus dilakukan 5 (lima) menit setelah pasien sampai di IGD. **Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner