Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

News Flash

FORMULARIUM NASIONAL

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 328/MENKES/SK/VIII/2013 TENTANG FORMULARIUM NASIONAL

Link Download FORMULARIUM NASIONAL




Dalam rangka pendataan data dasar RS yang telah teregistrasi atau memiliki kode RS diharapkan untuk melakukan Updating melalui RS Online melelui www.buk.depkes.go.id

Link RS Online




SE No. HK.03.03/III/1397/2013 tentang Kewaspadaan Kasus Middle East Respiratory Coronavirus

Link Download




contoh surat-surat palsu

**Download Contoh Surat Palsu**




eMonevBUK

Bagi Satker yang belum melaporkan realisasi DAK triwulan II dimohon untuk segera mengisi melalui eMonevBUK. Pelaporan DAK Triwulan II akan ditutup bulan 1 Oktober 2013

Visitors Counter

Mulai Tanggal 11 Oktober 2010
164664
Today937
Yesterday2155
This Week15615
This Month50650
All Days1646645
Home
Hapus Stigma dan Diskriminasi terhadap Kusta

Tangerang - Menteri Kesehatan RI (Nafsiah Mboi) meresmikan Pelayanan Poliklinik Kusta Terpadu dalam rangka Peringatan Hari Kusta Sedunia ke 60, bertempat di RS Kusta Sitanala Tangerang (13/2).

Dalam sambutannya Menkes, fokus kedepan adalah mengurangi jumlah kasus di kantong-kantong endemis. Caranya adalah dengan melakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). "Tenaga kesehatan di tingkat puskesmas akan digerakkan untuk melakukan edukasi dan penyebaran informasi hidup bersih dan sehat langsung kepada masyarakat," ujar Menkes.

Upaya penemuan kasus sejak dini juga akan terus digalakkan. Untuk itu, informasi dari masyarakat, terutama anggota keluarga, kepada tenaga kesehatan sangat dibutuhkan sehingga pengobatan dapat dilakukan lebih awal

Kusta merupakan penyakit menular menahun disebabkan oleh kuman kusta (Myzobacterium leprae) yang menyerang kulit, saraf tepi dan jaringan tubuh lainnya, dan penyakit ini bisa dicegah dan diobati secara sempurna, untuk itu Menkes menyatakan seluruh petugas kesehatan dan masyarakat melakukan komitmen untuk dapat memperlakukan orang yang pernah menderita kuta (OYMPK) dan menghapuskan stigma dan perilaku yang diskriminatif terhadap OYMPK.

Sementara Walikota Tangerang, menyatakan bahwa pemerintah kota tangerang tidak membeda-bedakan masyarakatnya dan memberikan perlakuan yang sama terhadap OYMPK. Walikota juga memberikan apresiasi terhadap penderita kusta yang sudah sembuh dan melakukan upaya inovatif untuk menghilangkan stigma negatif tentang OYMPK.

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, melaporkan bahwa Hari Kusta Sedunia ke-60 mengangkat tema “Hapus Stigma dan Diskriminasi terhadap Kusta” dimana rangkaian kegiatannya ada workshop, pengobatan gratis, temu media dan penyebarluasan dan pemasangan media informasi.

Testimoni seorang penyandang kusta yang sudah dinyatakan sembuh (Ali Saga) yang juga suskes dalam mengelola usaha membuat kaki palsu, dimana telah berhasil membangun kehidupan sosialnya dan menepis stigma buruk mengenai OYMPK. (Pelita & Eti)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner