Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

News Flash

FORMULARIUM NASIONAL

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 328/MENKES/SK/VIII/2013 TENTANG FORMULARIUM NASIONAL

Link Download FORMULARIUM NASIONAL




Dalam rangka pendataan data dasar RS yang telah teregistrasi atau memiliki kode RS diharapkan untuk melakukan Updating melalui RS Online melelui www.buk.depkes.go.id

Link RS Online




SE No. HK.03.03/III/1397/2013 tentang Kewaspadaan Kasus Middle East Respiratory Coronavirus

Link Download




contoh surat-surat palsu

**Download Contoh Surat Palsu**




eMonevBUK

Bagi Satker yang belum melaporkan realisasi DAK triwulan II dimohon untuk segera mengisi melalui eMonevBUK. Pelaporan DAK Triwulan II akan ditutup bulan 1 Oktober 2013

Visitors Counter

Mulai Tanggal 11 Oktober 2010
190188
Today178
Yesterday1923
This Week8218
This Month55160
All Days1901882
Home
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI DESA SIAGA STRATA UTAMA

KUNINGAN, JAWA BARAT – Pembangunan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Upaya untuk mencapai tujuan diselenggarakan dalam bentuk pembangunan kesehatan yang berkesinambungan oleh pemerintah bersama masyarakat dan swasta.

“Kesehatan, pendidikan dan ekonomi merupakan tiga serangkai yang sangat mempengaruhi kualitas sumberdaya manusia. Sedangkan, sumberdaya manusia yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama atau investasi dalam pembangunan nasional”, hal inilah yang disampaikan Menteri Kesehatan, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr. PH saat pencanangan Kabupaten Kuningan Menuju Desa Siaga Strata Utama Tahun 2013, pada 9 Juni 2010.

Menkes menambahkan bahwa pembangunan kesehatan di Indonesia harus mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat dan swasta, tidak hanya oleh pemerintah saja. Meningkatkan pembangunan kesehatan dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta dan masyarakat madani, diwujudkan dalam “Desa Siaga”.

Desa Siaga merupakan gambaran masyarakat desa yang sadar, tahu, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan sosial di wilayahnya, terutama ancaman terhadap kesehatan dirinya sendiri dan lingkungannya, seperti kurang gizi, penyakit menular, kejadian bencana, kecelakaan, dan lain sebagainya, dengan memanfaatkan potensi yang mereka miliki secara gotong royong menuju Desa Sehat. Kegiatan masyarakat di Desa Siaga digerakkan dengan mengembangkan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) atau Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM).

Pendekatan yang digunakan dalam membangun Desa Siaga dilakukan dengan pendekatan edukatif yang disesuaikan dengan kebutuhan, potensi serta perkembangan wilayahnya. Cara pendekatan ini dapat dilakukan dengan menggerakan dan mengorganisasikan upaya masyarakat atau organize community effort yang telah ada di desa tersebut. Oleh Karena itu, titik awal untuk membentuk suatu Desa Siaga adalah dengan mengembangkan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat.

Poskesdas merupakan salah satu wujud upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) diharapkan mampu melaksanakan alih informasi dan alih teknologi serta alih kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan yang ada di wilayah tersebut. Sehingga keberadaan Poskesdas bukan hanya sebagai suatu pelayanan kesehatan dasar, tetapi lebih merupakan forum interaksi antara masyarakat dengan tenaga kesehatan yang dijembatani oleh kader. Untuk itu inti dari kegiatan Poskesdas terletak pada kemampuan para kader Desa Siaga dalam melaksanakan tugasnya sebagai motivator dan inovator dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Menkes mengharapkan pencanangan Kabupaten Kuningan menjadi Desa Siaga Strata Utama tahun 2013 dapat dijadikan contoh bagi Kabupaten/Kota lainnya agar selalu berperan aktif dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan. Selain itu, Menkes mengajak untuk turut mensukseskan pengembangan Desa Siaga di wilayah Kabupaten Kuningan, dengan memberdayakan diri sendiri untuk selalu berPerilaku Hidup Bersih dan Sehat, diikuti dengan tindakan nyata yang dapat dijadikan budaya hidup sehari-hari sekaligus sebagai tauladan bagi masyarakat lainnya. Serta mengajak para pemangku kepentingan atau stakeholders terkait di jajaran pemerintahan Kabupaten Kuningan untuk dapat bekerjasama memperkuat jejaring dengan Desa Siaga, sehingga dapat segera mewujudkan masyarakat Indonesia sehat dan sejahtera. Humas